KEREN TREND

1 July 2016

Lima Cara Seru Mendapatkan Buku Gratis

15:22

[ image source ]

Ada pepatah yang mengatakan apabila buku merupakan jendelanya dunia, karena dari membaca seseorang dapat melihat maupun mengetahui akan informasi-informasi yang didapat melalui bacaan. Sayangnya ada sejumlah orang yang bukan karena alasan minat baca di Indonesia rendah, melainkan akses dalam mendapatkan buku yang terbatas. Semisal tinggal di daerah yang jauh dari toko buku juga bisa jadi karena masalah harga buku yang kian mahal.



Namun, ada sejumlah cara untuk mendapatkan buku secara cuma-cuma apabila kamu mengalami masalah seperti di atas. Siapa sih yang tidak menyukai kata "gratis" dan jika kamu punya akun sosial media dapat memanfaatkannya dengan baik serta tidak hanya untuk updete status doang. Nah, berikut lima cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan buku gratis. 
Menulis Resensi yang Kemudian Dikirim ke Media
Resensi merupakan cara yang ampuh bagi kamu mendapatkan buku. Ya, bagi yang menyukai aktivitas menulis tentunya meresensi buku bisa menjadi alternatif selain menulis cerpen, karena di sini tidak sedikit media yang memberikan honor pula. Rata-rata panjang resensi beragam, tergantung media yang dituju dengan sejumlah syarat seperti buku minimal 6 bulan setelah terbit dan lain-lain.
[ image source ]

Nah, selain mendapatkan honor kamu juga bisa mendapatkan buku gratis lo dari hasil meresensi. Bagaimana caranya? Yakni dengan mengirimkan hasil scan atau link media yang memuat tulisan kamu tersebut ke alamat e-mail penerbit atau memberitahukannya melalui media sosial. Percayalah penerbit yang loyal bisa saja tidak hanya memberikanmu buku, tambahan honor pun bisa saja kamu dapatkan. Wah, bikin senyum-senyum pastinya ya. :)

Menulis Review Menarik Buku Buku Penulis dan Diposting di Blog
Cara ini terkadang membutuhkan kerja keras karena kamu tidak hanya bisa mengandalkan satu review saja di blogmu. Terlebih jika blogmu tampilannya masih berantakan. Bagi blogger yang menyukai aktivitas membaca, sarana mereview buku-buku terbaru penulis bisa menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan buku. Lho, kok bisa ya?
[ image source ]

Tentu bisa karena dengan kamu rajin mereview buku mereka dan mereka menyukai tulisan kamu, pasti suatu hari sejumlah penulis akan meminta alamat lengkapmu untuk selanjutnya dikirimi buku. Tidak percaya? Silakan dicoba. Selain itu sekarang peluang mendapatkan buku juga kian besar bagi para blogger, sebab penerbit juga biasanya mengadakan semacam program blog tour untuk buku keluaran terbaru. Hem, yakin tidak ingin mencobanya?
Mengikuti Komunitas Membaca di Kotamu

Nah, cara ini memudahkan kamu untuk berdiskusi soal buku dengan teman sehobi. Berbagi sejumlah pendapat mengenai pengalaman membaca buku yang telah dibaca dan sebagainya. Di sini mungkin kamu tidak akan langsung mendapatkan buku, melainkan biasanya akan ada sesi bertukar buku.
[ image source ]

Nah, di sini tentunya menyenangkan mendapat pinjaman sejumlah buku bagus yang direkomendasikan langsung oleh teman satu komunitas. Soal peluang mendapatkan buku sangat bisa, semisal dalam mendiskusikan atau bedah ada penulis yang memang menyediakan buku sampel untuk dipelajari serta dibagikan dengan cuma-cuma. Nah, bisa banget bukan? Tidak hanya dapat buku, tapi teman berdiskusi dengan teman sehobi tentunya seru.

Menghadiri Acara Kepenulisan atau Acara Lain yang Mendukung Dunia Literasi
Cara mendapatkan buku yang selanjutnya adalah dengan menghadiri acara-acara tertentu. Semisal mengikuti acara kepenulisan di mana waktu pulang kamu bisa membawa beberapa buku. Contoh saja, acara kepenulisan yang pastinya sudah tidak asing seperti Kampus Fiksi. Di acara tersebut kamu bisa mendapatkan ilmu mengenai kepenulisan, dan tidak hanya itu sajalo sebab ketika pulang kamu bakal diberi buku terbitan penyelenggara.
[ image source ]

Mengikuti acara televisi seperti Kick Andy juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mendapatkan buku gratis. Tidak hanya untuk yang datang langsung, melainkan bagi yang tengah menonton pun bisa mendapatkan buku dengan syarat-syarat tertentu. Kamu tertarik?

Mengikuti Giveaway yang Diadakan Penulis Atau Penerbit
Cara terakhir untuk mendapatkan buku kali ini merupakan yang sedang hits banget, meski untuk menjadi pemenang seperti mengambil berlian di kepala harimau. Nah, lo! Hal ini terjadi karena biasanya yang ikut banyak sekali sementara yang dipilih hanya beberapa saja. Namun, jika kamu percaya apabila keberuntungan tergantung seberapa besar usahamu, cara ini patut untuk dicoba. Biasanya sejumlah penulis dan penerbit mengadakan bagi-bagi buku pada acara tertentu. Misal syukuran ulang tahun atau ketika bingung memilih kover baru dengan meminta kamu untuk memberikan vote dan lain-lain.

Beberapa minggu lalu, KerenTrend juga mengadakan giveaway lo yang hadiahnya sangat lumayan sekali yakni tiga buku untuk satu pemenang. Pada kesempatan kali ini kami akan mengumumkan pemenangnya. Siapa ya yang beruntung mendapatkan hadiahnya? Selamat untuk Wiwid Nurdwidayati, kamu beruntung ya di kuis kali ini. Semoga bukunya bermanfaat ya dan pastikan untuk selalu updete info-infor ngetrend dan keren dari Keren Trend.

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

1 comments:

  1. Terimakasih kerentrend. Untuk pertamakalinya saya berjodoh Di GA

    ReplyDelete

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top