KEREN TREND

16 June 2016

Inilah 5 Hal yang Membanggakan dari Aceh

10:39

Tentu kita semua mengenal Aceh. Berkat Aceh pula Indonesia dikenal dengan keaneka ragaman budayanya. Seni dan adat istiadat yang berasal dari Aceh sering kali membuat negara asing merasa silau dan ingin memilikinya.
Dan beruntung sekali Aceh dapat mempertahankan dan melestarikan budaya tersebut hingga kini. Dan inilah lima hal yang paling membanggakan dari Aceh.


Tari-tariannya Bahkan Sampai Dikenal Mancanegara


Tentu kita tak asing lagi dengan berbagai tari yang berasal dari Aceh. Ragam tarian khas Aceh bahkan sudah dikenal secara internasional. Bagaimana warga Aceh nggak bangga? Yang namanya tari Saman bahkan ditetapkan sebagai Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia oleh UNESCO. 
[ Image Source ]

Tari Saman sendiri memang sangat unik, biasanya dimainkan oleh kurang dari 10 orang, namun ada pula yang beranggapan makin banyak penari makin semarak pula tarian Saman. Yang jelas, masyarakat Aceh sudah sukses melestarikan hingga mengenalkan budaya mereka di mata internasional. Itu prestasi yang luar biasa.

Pakaian Adat Aceh Adalah Identitas Masyarakatnya yang Religius


Pakaian khas asal Aceh sangat kental dengan nuansa keislamannya. Baik pakaian pria maupun wanita, semua tertutup dan berlengan panjang. Pakaian adat pria adalah berupa jas dengan bagian leher yang tertutup. 
[ Image Source ]

Sementara bawahannya mengenakan celana panjang yang dilengkapi dengan kain sarung. Sementara pakaian yang dikenakan wanita juga berlengan panjang dengan kerah leher penyerupai pakaian adat China. Pakaian adat tersebut dipermanis dengan berbagai pernak-pernik seperti kalung, gelang, anting dan sebagainya.

Rumah Krong Bade Merupakan Lambang Bahwa Masyarakat Aceh Dekat Dengan Alam


Rumah adat adalah salah satu identitas Aceh. Kayu yang digunakan untuk membangun rumah tersebut adalah gambaran bahwa masyarakatnya sangat dekat dengan alam. Terlebih, masyarakat tidak menggunakan paku dalam membangun rumah tersebut, melainkan dengan tali. 
[ Image Source ]

Namun, saat ini banyak juga masyarakat yang membangun rumah modern. Sebab, rumah modern memang lebih tahan lama.

Lagu-lagu Daerah juga Budaya Warisan yang Terkenal


Barangkali kamu mengenal lagu Bungong Jueumpa? Lagu tersebut cukup terkenal. Lagu yang menggunakan bahasa daerah Aceh, bercerita tentang bunga cempaka yang memiliki aroma yang harum. 
[ Image Source ]

Sebenarnya masih banyak sekali lagu tradisional yang berasal dari Aceh. Meski saat ini Indonesia didominasi oleh dunia permusikan yang penuh dengan lagu cinta, semoga saja lagu tradisional daerah masih dilestarikan masyarakat.

Budaya Mencintai Pohon


Ada sebuah tradisi turun temurun yang sampai saat ini dilaksanakan oleh masyarakat Aceh. Mamang terkesan sederhana, namun dampaknya sangat luar biasa. Mencintai pohon adalah upaya masyarakat dalam melestarikan lingkungan. Ada sebuah peraturan yang melarang masyarakat untuk menebang pohon dalam radius 500 meter dari danau. 
[ Image Source ]

Pepohonan yang berada di sekitar air seperti danau, rawa dan sebagainya harus dipelihara dan pantang ditebang. Hal ini untuk mengurangi dampak bencana yang berasal dari perairan.

Lima hal berikut adalah yang paling membanggakan dari Aceh. Di daerahmu, apa saja yang membuatmu bangga?

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top